PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI NASABAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PT. BANK SYARIAH INDONESIA TBK CABANG PAINAN

KURNIA ILAHI, NPM : 2110070530234 (2025) PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI NASABAH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA PT. BANK SYARIAH INDONESIA TBK CABANG PAINAN. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADANG.

[thumbnail of SKRIPSI JILID KUNING KURNIA1-1-87.pdf] Text
SKRIPSI JILID KUNING KURNIA1-1-87.pdf - Published Version

Download (819kB)
[thumbnail of SKRIPSI JILID KUNING KURNIA1-88-124.pdf] Text
SKRIPSI JILID KUNING KURNIA1-88-124.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[thumbnail of SKRIPSI JILID KUNING KURNIA1-125-196.pdf] Text
SKRIPSI JILID KUNING KURNIA1-125-196.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi (X1), persepsi
nasabah (X2) dan kualitas pelayanan (X3) terhadap keputusan nasabah memilih
pembiayaan murabahah (Y) pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk Cabang Painan.
Untuk sampel yang terpilih menggunakan rumus slovin dengan jumlah populasi
sebanyak 1.164 dan memperoleh sampel sebanyak 93 responden. Data yang
digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa secara parsial promosi berpengaruh terhadap keputusan
nasabah memilih pembiayaan murabahah dengan nilai Thitung sebesar 2,120 > Ttabel
1,662 dan ( Sig. 0,047 < 0,05 ) sehingga hipotesis H1 diterima. Persepsi nasabah
berpengaruh terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan murabahah
dengan nilai Thitung sebesar 3,479 > Ttabel 1,662 dan ( Sig. 0,001 < 0,05 ) sehingga
hipotesis H2 diterima. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan murabahah dengan nilai Thitung
sebesar 2,063 > Ttabel 1,662 dan ( Sig. 0,042 < 0,05 ) sehingga hipotesis H3
diterima.
Promosi, persepsi nasabah dan kualitas pelayanan secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah memilih
pembiayaan murabahah dengan nilai Fhitung sebesar 17,483 > Ftabel 2,71 dan
signifikan 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis H4 dapat diterima. Jadi dapat
disimpulkan bahwa promosi (X1), persepsi nasabah (X2) dan kualitas pelayanan
(X3) dapat berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan
nasabah memilih pembiayaan murabahah (Y). Nilai koefisien determinasi yang
dituliskan R Square sebesar 0,371, hal ini dapat dijelaskan bahwa besarnya
proporsi pengaruh promosi, persepsi nasabah dan kualitas pelayanan terhadap
keputusan nasabah memilih pembiayaan murabahah adalah sebesar 37,1%
sedangkan sisanya sebesar 62,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel
yang digunakan dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Persepsi Nasabah , Kualitas Pelayanan, Keputusan Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Suci Yasefia
Date Deposited: 16 Oct 2025 05:36
Last Modified: 16 Oct 2025 05:36
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/2131

Actions (login required)

View Item
View Item