IMPLEMENTASI MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA KELAS V SDN 10 SUNGAI SAPIH PADANG

WINDA SARI DARMAWAN, NPM : 21100700110056 (2025) IMPLEMENTASI MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA KELAS V SDN 10 SUNGAI SAPIH PADANG. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of WINDA SARI DARMAWAN 2025.pdf] Text
WINDA SARI DARMAWAN 2025.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia terus meningkat setiap tahun, terutama disebabkan oleh kebiasaan buruk dalam menjaga kebersihan gigi Upaya yang efektif untuk meningkatkan kebersihan gıgı adalah dengan menyikat gigı menggunakan teknik yang benar Penelitian mi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa kelas V SDN 10 Sungai Sapih Padang mengenai teknik menyikat gigi yang benar melalui penggunaan media permainan ular tangga yang dimodifikası. Penelitian ini menggunakan one-group pre-test post-test design yang melibatkan 21 siswa sebagai sampel yang dipilih secara purposive sampling Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan sebelum dan setelah intervensi media permainan ular tangga. Hasıl penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan intervensı, mayoritas siswa (71,4%) memiliki pengetahuan yang cukup Setelah intervensı terjadi peningkatan signifikan yaitu 85,7% siswa memiliki pengetahuan yang baik. Analısıs statistik menggunakan uji Marginal Homogeneity menunjukkan nilai p = 0,000 (p<0,05), mendapatkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa permainan ular tangga merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang teknik menyikat gigi yang benar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Permainan ular tangga, media edukası, pengetahuan, menyikat gigi, anak
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi > Program Studi Kedokteran Gigi
Depositing User: Suci Yasefia
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:36
Last Modified: 06 Feb 2025 03:36
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item
View Item