Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Di Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Tahun 2024

YOLANDA PUTRI WULANDARI, NPM : 2010070160007 (2024) Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Di Rumah Sakit Jiwa Prof. HB. Saanin Padang Tahun 2024. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of YOLANDA PUTRI 2024.pdf] Text
YOLANDA PUTRI 2024.pdf

Download (794kB)

Abstract

Rumah Sakit Jiwa Prof HB. Saanin Padang telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) sejak 2015, namun masih terdapat kendala-kendala dalam penggunaanya. Salah satu kendala yang banyak dikemukakan pengguna SIMRS di RSJ Prof HB. Saanin Padang yaitu respon aplikasi SIMRS yang lambat karena gangguan jaringan atau error sehingga pengguna merasa kesulitaan saat menyelesaikan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang berhubungan dengan kepuasan pengguna sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) di Rumah Sakit Jiwa Prof. HB Saanin Padang

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional Sampel pada penelitian ini berjumlah 158 orang, menggunakan teknik sampling proportional stratified random sampling Pengolahan data menggunakan aplikasi komputer yaitu SPSS versi 25 Analisis uji statistik yang digunakan adalah uji Chi Square dan Regresi logistik berganda.

Hasil analisis univariat kepuasan pengguna menunjukkan bahwa sebanyak 53,8% pengguna tidak puas. Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan variabel content (p-value = 0,000), accuracy (p-value = 0,000), format (p-value = 0,000), timeliness (p-value = 0,000), ease of use (p-value = 0,000), dan perceived usefulness (p-value = 0,000) dengan kepuasan pengguna. Hasil analisis multivariat menunjukkan faktor dominan yang berhubungan dengan kepuasan pengguna adalah accuracy dengan nilai OR 30,88 kali berhubungan daripada variabel independen yang lain

Disarankan, pihak rumah sakit membuat perencanaan pelatihan secara berkala, mampu menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap software, menampilkan informasi dengan jelas, meningkatkan jaringan sistem agar tidak terjadinya error, menyediakan panduan penggunaan SIMRS, melakukan evaluasi rutin terhadap SIMRS dan dapat terus mengembangkan SIMRS sehingga dapat lebih meningkatkan kepuasan pengguna terhadap SIMRS.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, Kepuasan Pengguna
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Program Studi Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Suci Yasefia
Date Deposited: 01 Nov 2024 04:13
Last Modified: 01 Nov 2024 04:13
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item
View Item