Hubungan Persepsi Lingkungan Pembelajaran dengan Kesiapan Mengikuti Interprofessional Education pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Baiturrahmah Angkatan 2019

Ilmi Nurrahmanita M, NPM : 1910070100006 (2023) Hubungan Persepsi Lingkungan Pembelajaran dengan Kesiapan Mengikuti Interprofessional Education pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Baiturrahmah Angkatan 2019. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of Ilmi Nurrahmanita M 2023.pdf] Text
Ilmi Nurrahmanita M 2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lingkungan pembelajaran merupakan segala sesuatu yang terjadi di lembaga pendidikan Mahasiswa yang terbiasa belajar dengan lingkungan yang mendukung kolaborası akan memiliki persepsi yang bank terhadap Interprofessional Education (IPE). Oleh karena itu, lingkungan. pembelajaran yang baik merupakan faktor yang bisa menetukan kesipana mahasiswa dalam mengikuti IPE

Tujuan: Untuk mengetahuu hubungan persepsi lingkungan pembelajaran dengan kesıpan mahasiswa mengikuti Interprofessional Education di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah.

Metode: Ruang lingkup penelitian ini adalah ilmu pendidikan kedokteran umum Penelitian dilakukan pada bulan Maret Desember 2022 Jenis penelitian adalah analitik observasional Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah angkatan 2019 sebanyak 129 sampel dengan teknik total sampling. Analisa data univariat dısajıkan dalam bentuk distribusi frekuensi dan analısıs bivariat menggunakan uji kruskall-wallis, pengolahan data menggunakan komputerisasi program SPSS verst IBM 25 0

Hasil Hubungan persepsi lingkungan pembelajaran dengan kesiapan mengikuti Interprofessional Education pada mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah (p<0,001) Persepsi lingkungan pembelajaran terbanyak yaitu kategori lebih banyak hal positif daripada negatif sebanyak 83 orang (64,3%), persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran terbanyak pada kategori positif yaitu 86 orang (66,7%), persepsi mahasiswa terhadap pengajar terbanyak pada kategori positif yaitu 80 orang (62,0%), persepsi mahasiswa terhadap percapaian prestasi akademik terbanyak pada kategori percaya diri yaitu 89 orang (69,0%), persepsi mahasiswa terhadap suasana pembelajaran terbanyak pada kategori positif yaitu 84 orang (65,1%), dan persepsi mahasiswa terhadap lingkungan sosial terbanyak pada kategori cukup baik yaitu 96 orang (74,4%) Kesiapan mahasiswa mengikuti Interprofessional Education (IPE) terbanyak pada kategori tinggi yaitu 79 orang (61,2%), identitas profesi terbanyak pada kategori sedang yaitu 71 orang (55,0%), kerja tim dan kolaborasi terbanyak pada kategori sedang yaitu 65 orang (50,4%), dan peran dan tanggung jawab terbanyak pada kategori sedang yaitu 70 orang (54.3%)

Kesimpulan Terdapat hubungan persepsi lingkungan pembelajaran dengan kesiapan mengikuti laterprofessional Education pada mahsuswa di Faks Kedokteran Universitas Baiturrahmah

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: persepa laglangan pembelquran,apsas Interprofessio Education (IPE)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran Umum
Depositing User: Aprina Wisrianti, SE aprina
Date Deposited: 14 Sep 2024 04:01
Last Modified: 14 Sep 2024 04:01
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/910

Actions (login required)

View Item
View Item