EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM FARMAKOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL

Luthfi Muhammad Fikri, NPM : 2010070100103 (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PRAKTIKUM FARMAKOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of Luthfi Muhammad Fikri 2023.pdf] Text
Luthfi Muhammad Fikri 2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini dapat meningkatkan mutu

dan kualitas dari pembelajaran di institusi pendidikan. Institusi Pendidikan yang saat ini mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi adalah Universitas Baiturrahmah. Hal ini sesuai dengan kebutuhan mahasiswa/i Universitas Baiturrahmah yang dituntut mandiri dalam proses belajar mengajar baik teoritis maupun praktikum, khususnya praktikum farmakologi Farmakologi merupakan ilmu kedokteran dasar yang perlu dikuasai oleh seluruh mahasiswa kedokteran Pemahaman yang baik tentang farmakologi sangat penting bagi dokter yang kompeten. Media pembelajaran yang dapat mendukung dan membantu dosen untuk mencapai tujuan pembelajaran salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi wordwall. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap hasil pembelajaran Farmakologi di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuası eksperimen post-test only group design menggunakan media wordwall (permainan teka-teki silang) dan google form pada proses pembelajaran dan akhir pembelajaran praktikum farmakologi Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan komputer dengan program SPSS.

Hasil Berdasarkan hasil penelitian didapatkan perbedaan efektivitas antara nilai post-test kelas kontrol dan eksperimen pada mahasiswa/i angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah dengan sig. 0,000 (<0,05). Hasil penelitian terdapat perbedaan signifikan antara hasil pembelajaran dengan wordwall setiap minggunya dan pada post-test di kelas eksperimen (sig <0,05). Hasil penelitian tidak terdapat perbedaan signifikan antara hasil pembelajaran dengan google form di kelas kontrol setiap minggunya (sig >0,05).

Kesimpulan: Terdapat perbedaan efektivitas antara nilai post-test kelas kontrol dan eksperimen pada mahasiswa/i angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Terdapat perbedaan signifikan antara hasil pembelajaran dengan menggunakan wordwall setiap minggunya dan pada post- test di kelas eksperimen. Tidak terdapat perbedaan signifikan antara hasil pembelajaran dengan google form di kelas kontrol pada setiap minggunya

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media pembelajaran, Wordwall, Google form, Farmakologi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran Umum
Depositing User: Aprina Wisrianti, SE aprina
Date Deposited: 05 Sep 2024 07:11
Last Modified: 05 Sep 2024 07:11
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/889

Actions (login required)

View Item
View Item