PENGARUH KEPERCAYAAN, REPUTASI PERUSAHAANMDAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. PEGADAIAN (Persero) CABANG KOTA PADANG

YELI MULYANA SARI, NPM : 2110070530078 (2025) PENGARUH KEPERCAYAAN, REPUTASI PERUSAHAANMDAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. PEGADAIAN (Persero) CABANG KOTA PADANG. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADANG.

[thumbnail of SKRIPSI YELLI_2025-1-85.pdf] Text
SKRIPSI YELLI_2025-1-85.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI YELLI_2025-86-112.pdf] Text
SKRIPSI YELLI_2025-86-112.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[thumbnail of SKRIPSI YELLI_2025-113-167.pdf] Text
SKRIPSI YELLI_2025-113-167.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan (X1),
reputasi perusahaan (X2), kepuasan nasabah (X3) terhadap loyalitas nasabah (Y)
pada PT. Pegadaian cabang Kota Padang. Teknik pengambilan sampel digunakan
dengan menggunakan rumus slovin yang memperoleh sebanyak 100 responden.
Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program
SPSS.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial kepercayaan berpengaruh terhadap
loyalitas nasabah dengan nilai T hitung sebesar 1,981 > T tabel 1,660 dan nilai
signifikan 0,050 = 0,05 sehingga hipotesis HI diterima. Reputasi Perusahaan
berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai T hitung sebesar 3,855 > T
tabel 1,660 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis H2 diterima.
Kemudian kepuasan nasabah tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan
nilai T hitung sebesar 0,286 < T tabel 1,660 dan nilai signifikan 0,776 > 0,05
sehingga hipotesis H3 ditolak.
Kepercayaan, reputasi perusahaan dan kepuasan nasabah secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai F
hitung sebesar 17,011 > F tabel 2,70 dan signifikan 0,000 < 0,05 sehingga
hipotesis H4 dapat diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa kepercayaan (XI),
reputasi perusahaan (X2), dan kepuasan nasabah (X3) secara simultan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y). Nilai koefisien determinasi
yang dituliskan R Square sebesar 0,347, hal ini dapat dijelaskan bahwa besarnya
proporsi pengaruh pengaruh kepercayaan (X1), reputasi perusahaan (X2), kepuasan
nasabah (X3) terhadap loyalitas nasabah (Y) adalah sebesar 34,7% sedangkan
sisanya sebesar 65,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang
digunakan dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Reputasi Perusahaan, Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Suci Yasefia
Date Deposited: 12 Nov 2025 04:26
Last Modified: 12 Nov 2025 04:26
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item
View Item