FITZAL ZAKY GHAZIAN, NPM. 2110070530014 (2025) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL MEDIASI MINAT BELI (Studi Kasus : Sepeda Motor NMAX Series NEO dan Turbo Pada Yamaha Tjahaja Tabing). Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.
skrissi fitzal zaky.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
bab 1.pdf - Published Version
Download (462kB)
bab 2.pdf - Published Version
Download (417kB)
bab 3.pdf - Published Version
Download (549kB)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
bab 5.pdf - Published Version
Download (320kB)
cover.pdf - Published Version
Download (210kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga (X1) dan kualitas
produk (X2) terhadap keputusan pembelian sepeda motor Nmax di Yamaha Tjahaja Tb
Tabing yang dimedia oleh minat beli (Z). Untuk sampel yang terpilih menggunakan
rumus Hair (role of thumb) yaitu dengan mengalikan jumlah indikator variabel dengan
ukuran sampel minimum 5-10 sehingga memperoleh 130 responden. Data yang
digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan yaitu
Structural iEquation iModel i(SEM) dan iPartial iLeast Square (PLS) dengan bantuan
perangkat lunak SmartPLS
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa harga (X1) berpengaruh terhadap minat beli (Z) dengan itstatistic > it-tabel i(4,583>1.96) dan iP-value < 0,05 i(0.000<0.05) sehingga H1 diterima.
Kualitas produk (X2) berpengaruh terhadap minat beli (Z) dengan it-statistic > it-tabel
i(4,632 >1.96) dan iP-value < 0,05 i(0.000<0.05) sehingga H2 diterima. Harga (X1)
berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan it-statistic > it-tabel i(9,122
>1.96) dan iP-value < 0,05 i(0.000<0.05) sehingga H3 diterima. Kualitas produk (X2)
berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan it-statistic > it-tabel i(3,229
>1.96) dan iP-value < 0,05 i(0.001<0.05) sehingga H4 diterima. Kemudian minat beli
(Z) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan it-statistic > it-tabel i(3,542
>1.96) dan iP-value < 0,05 i(0.000<0.05) sehingga H5 diterima.
Variabel minat beli (Z) dapat memediasi pengaruh harga (X1) terhadap
keputusan pembelian (Y) dengan it-statistic > it-tabel i(2,842 >1.96) dan iP-value < 0,05
i(0.005<0.05) sehingga H6 diterima. Variabel minat beli (Z) dapat memediasi pengaruh
kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) dengan it-statistic > it-tabel
i(2,458 >1.96) dan iP-value < 0,05 i(0.014<0.05) sehingga H7 diterima.
Nilai koefisien of determinan harga dan kualitas produk mampu mejelaskan
keputusan pembelian sebesar 75% dan 25% dipengaruhi oleh faktor lain. Harga dan
kualitas produk mampu mejelaskan kepuasan pelanggan sebesar 38,7% dan 61,3%
dipengaruhi oleh faktor lain.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Harga, Kualitas Produk, Minat Beli, Keputusan Pembelian |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Bisnis > Program Studi Manajemen |
| Depositing User: | Muqtadirurrijal Muqta |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 07:49 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 07:49 |
| URI: | http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/2225 |
