PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL MEDIASI MINAT BELI (Studi Kasus : Sepeda Motor NMAX Series NEO dan Turbo Pada Yamaha Tjahaja Tabing)

FITZAL ZAKY GHAZIAN, NPM. 2110070530014 (2025) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN VARIABEL MEDIASI MINAT BELI (Studi Kasus : Sepeda Motor NMAX Series NEO dan Turbo Pada Yamaha Tjahaja Tabing). Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of skrissi fitzal zaky.pdf] Text
skrissi fitzal zaky.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (462kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (417kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version

Download (549kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version

Download (320kB)
[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Published Version

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga (X1) dan kualitas
produk (X2) terhadap keputusan pembelian sepeda motor Nmax di Yamaha Tjahaja Tb
Tabing yang dimedia oleh minat beli (Z). Untuk sampel yang terpilih menggunakan
rumus Hair (role of thumb) yaitu dengan mengalikan jumlah indikator variabel dengan
ukuran sampel minimum 5-10 sehingga memperoleh 130 responden. Data yang
digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan yaitu
Structural iEquation iModel i(SEM) dan iPartial iLeast Square (PLS) dengan bantuan
perangkat lunak SmartPLS
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini
dapat disimpulkan bahwa harga (X1) berpengaruh terhadap minat beli (Z) dengan itstatistic > it-tabel i(4,583>1.96) dan iP-value < 0,05 i(0.000<0.05) sehingga H1 diterima.
Kualitas produk (X2) berpengaruh terhadap minat beli (Z) dengan it-statistic > it-tabel
i(4,632 >1.96) dan iP-value < 0,05 i(0.000<0.05) sehingga H2 diterima. Harga (X1)
berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan it-statistic > it-tabel i(9,122
>1.96) dan iP-value < 0,05 i(0.000<0.05) sehingga H3 diterima. Kualitas produk (X2)
berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan it-statistic > it-tabel i(3,229
>1.96) dan iP-value < 0,05 i(0.001<0.05) sehingga H4 diterima. Kemudian minat beli
(Z) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan it-statistic > it-tabel i(3,542
>1.96) dan iP-value < 0,05 i(0.000<0.05) sehingga H5 diterima.
Variabel minat beli (Z) dapat memediasi pengaruh harga (X1) terhadap
keputusan pembelian (Y) dengan it-statistic > it-tabel i(2,842 >1.96) dan iP-value < 0,05
i(0.005<0.05) sehingga H6 diterima. Variabel minat beli (Z) dapat memediasi pengaruh
kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) dengan it-statistic > it-tabel
i(2,458 >1.96) dan iP-value < 0,05 i(0.014<0.05) sehingga H7 diterima.
Nilai koefisien of determinan harga dan kualitas produk mampu mejelaskan
keputusan pembelian sebesar 75% dan 25% dipengaruhi oleh faktor lain. Harga dan
kualitas produk mampu mejelaskan kepuasan pelanggan sebesar 38,7% dan 61,3%
dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Muqtadirurrijal Muqta
Date Deposited: 05 Dec 2025 07:49
Last Modified: 05 Dec 2025 07:49
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item
View Item