SINDI AULIA PUTRI, NPM : 2110070530245 (2025) PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT KARYA BAGUS INDONESIA. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADANG.
sindi skripsi 123-1-85.pdf - Published Version
Download (2MB)
sindi skripsi 123-86-110.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
sindi skripsi 123-111-170.pdf - Published Version
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi
(X1), kualitas pelayanan (X2), harga (X3) terhadap kepuasan pelanggan (Y)
pada PT Karya Bagus Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kuantitatif dengan teknik purposive sampling, dan diperoleh 79
responden sebagai sampel. Data yang digunakan adalah data primer. Metode
analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan
menggunakan program SPSS.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dalam
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel saluran
distribusi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung
sebesar 3,612 > ttabel 1,666 dan nilai signifikan 0,001 < 0,05 sehingga hipotesis
H1 diterima. Selanjutnya, variabel kualitas pelayanan juga berpengaruh positif
terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung sebesar 2,547 > ttabel 1,666
dan nilai signifikan 0,013 < 0,05 sehingga hipotesis H2 diterima. Sementara
itu, variabel harga berpengaruh negatif signifikan terhadap kepuasan
pelanggan dengan nilai thitung sebesar -(2,688) > ttabel 1,666 dan nilai signifikan
0,009 < 0,05 sehingga hipotesis H3 diterima.
Saluran distribusi, kualitas pelayanan, dan harga secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai
fhitung sebesar 19,060 > ftabel 2,73 dan signifikan 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis
H4 dapat diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa saluran distribusi (X1),
kualitas pelayanan (X2), dan harga (X3) secara simultan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Nilai koefisien determinasi
yang ditunjukkan oleh R Square sebesar 0,433, hal ini berarti bahwa besarnya
proporsi pengaruh saluran distribusi (X1), kualitas pelayanan (X2), dan harga
(X3) terhadap kepuasan pelanggan (Y) adalah sebesar 43,3%, sedangkan
sisanya sebesar 56,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang
digunakan dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pelanggan, Saluran Distribusi, Kualitas Pelayanan, Harga |
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Bisnis > Program Studi Manajemen |
| Depositing User: | Suci Yasefia |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 07:04 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 07:04 |
| URI: | http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/2202 |
