PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG KOTA PADANG

FAUZIAH HALIM, NPM : 2110070530128 (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG KOTA PADANG. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADANG.

[thumbnail of SKRIPSI FAUZIAH-1-81.pdf] Text
SKRIPSI FAUZIAH-1-81.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FAUZIAH-80-114.pdf] Text
SKRIPSI FAUZIAH-80-114.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)
[thumbnail of SKRIPSI FAUZIAH-115-177.pdf] Text
SKRIPSI FAUZIAH-115-177.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
(Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Emphaty (X4), dan
Assurance (X5)) terhadap kepuasan peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota
Padang. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 100 orang dengan teknik
pengambilan sampel stratified random sampling. Pengumpulan data penelitian
melalui kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data adalah regresi linear
berganda.
Berdasarkan hasil penelitian koefisien regresi variabel kualitas pelayanan
terhadap kepuasan peserta didapati thitung > ttabel dengan tingkat signifikannya
(sig=0,000<0,05) artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Variabel Tangible (X1)
3,180>1,661 dan signifikan (sig=0,002<0,05), Variabel Reliability (X2)
4,532>1,661 dan (sig=0,000<0,05), Variabel Responsiveness (X3) 2,460>1,661
dan (sig=0,016<0,05), Variabel Emphaty (X4) 2,443>1,661 dan (sig=0,016<0,05),
dan Variabel Assurance (X5) 2,555>1,661 dan (sig=0,012<0,05). Hal ini
menunjukkan secara persial seluruh variabel berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Kepuasan Peserta (Y) BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Padang.
Berdasarkan uji f diketahui bahwa f hitung > f tabel 19,439 > 3,09 dengan
nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan secara bersama-sama
variabel Kualitas Pelayanan mempengaruhi kepuasan peserta BPJS
Ketenagakerjaan Cabang Kota Padang.
Nilai koefisien determinan Kualitas Pelayanan pada Peserta BPJS
Ketenagakerjaan Cabang Kota Padang ditunjukkan dengan nilai r-square sebesar
(0,508) 50,8%, hal ini berarti kontribusi kualitas pelayanan mempengaruhi
kepuasan peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Padang adalah 50,8%
sedangkan sisanya 49,2% dipengaruhi oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Suci Yasefia
Date Deposited: 17 Oct 2025 03:54
Last Modified: 17 Oct 2025 03:54
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/2147

Actions (login required)

View Item
View Item