RETENSI PEMAHAMAN ANATOMI MAHASISWA ANGKATAN 2023 FAKULTAS KEDOKTERAN BAITURRAHMAH TERHADAP OPTIMALISASI PEMANFAATAN ANATOMAGE TABLE DALAM MENINGKATKAN CAPALAN KOGNITIF

AISYAH AZ ZAHRA, NPM : 2110070100005 (2025) RETENSI PEMAHAMAN ANATOMI MAHASISWA ANGKATAN 2023 FAKULTAS KEDOKTERAN BAITURRAHMAH TERHADAP OPTIMALISASI PEMANFAATAN ANATOMAGE TABLE DALAM MENINGKATKAN CAPALAN KOGNITIF. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of AISYAH AZ ZAHRA 2025.pdf] Text
AISYAH AZ ZAHRA 2025.pdf

Download (834kB)

Abstract

Latar Belakang: Pemahaman anatomi merupakan dasar penting dalam pendidikan kedokteran untuk mendukung berbagai keterampilan klinis Metode konvensional seperti buku, manekin, dan diseksi kadaver masih digunakan, namun memiliki keterbatasan dalam efektivitas pembelajaran. Teknologi inovatif seperti anatomage table memberikan visualisasi 3D yang interaktif, yang diperkirakan dapat meningkatkan retensi pemahaman mahasiswa Tujuan: Untuk menganalisis retensi pemahaman anatomi mahasiswa angkatan 2023 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah melalui perbandingan antara metode konvensional dan penggunaan anatomage table dalam meningkatkan capaian kognitif. Metode: Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah, Padang, dengan desain deskriptif komparatif Sampel penelitian melibatkan mahasiswa angkatan 2023 yang dipilih melalui metode total sampling sebanyak 64 orang setelah mempertimbangkan kriteria inklusi dan eksklusi. Data diperoleh melalui tes pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan ujı perbandingan nilai delta pre-test dan post-test. Hasil: Kedua metode pembelajaran, baik metode konvensional maupun penggunaan Anatomage Table, efektif meningkatkan pemahaman anatomi mahasiswa secara signifikan. Tidak terdapat perbedaan signifikan dalam efektivitas antara kedua metode, namun terdapat kecenderungan kecil keunggulan pada penggunaan anatomage table dibandingkan metode konvensional berdasarkan perbandingan nilai delta. Kesimpulan: Optimalisasi pemanfaatan anatomage table dapat menjadi alternatif inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran anatomi. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam mengembangkan strategi pembelajaran berbasis teknologi di pendidikan kedokteran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Anatomage table, capaian kognitif, metode konvensional, pembelajaran anatomi, retensi pemahaman
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran Umum
Depositing User: Suci Yasefia
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:40
Last Modified: 06 Feb 2025 03:40
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item
View Item