ZELIN JELITA, NPM : 2110070110054 (2024) PENGARUH PERMAINAN EDUKASI ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN ORAL BAD HABITS ANAK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 10 SUNGAI SAPIH PADANG. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.
![[thumbnail of ZELIN JELITA 2025.pdf]](https://repository.unbrah.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ZELIN JELITA 2025.pdf
Download (771kB)
Abstract
Oral bad habits merupakan kebiasaan yang terjadi pada rongga mulut yang dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan posisi gigi abnormal. Pendidikan kesehatan gigi dan mulut merupakan langkah awal dalam meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak-anak dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut Permainan edukası ular tangga dapat membantu anak-anak semakin mudah dalam memahami dan mengerti terhadap pengetahuan yang didapatkan dengan menarik Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui bagaimana permainan edukasi ular tangga ını dalam meningkatkan pengetahuan oral bad habits pada siswa kelas V SDN 10 Sungai Sapih Padang. Jenis penelitian ini adalah pre- eksperimental dengan one-group pretest-postetst design. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 21 mınımal sampel yang diambil secara simple random sampling Pengambilan data dilakukan dengan memberikan kuesioner sembari bermain permainan ular tangga kepada siswa kelas V SDN 10 Sungai Sapih Padang Hasil penelitian diperoleh rata-rata pengetahuan sebelum dan setelah diberikan intervensi permainan edukasi ular tangga pengetahuan siswa meningkat dari 22,7% menjadi 86,4%. Penggunaan media permainan edukası ular tangga dapat mempengaruhi pengetahuan mengenai oral bad habits pada siswa kelas V SDN 10 Sungai Sapih Padang (p=0.000)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Edukasi Ular Tangga, Oral Bad Habits, Pengetahuan, Anak Sekolah Dasar |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi > Program Studi Kedokteran Gigi |
Depositing User: | Suci Yasefia |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 03:36 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 03:36 |
URI: | http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1805 |