Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang Objek Wisata Pantai Tiram Kabupaten Padang Pariaman

Shyndi Septiani, 1810070530190 (2023) Pengaruh Persepsi dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Kunjung Ulang Objek Wisata Pantai Tiram Kabupaten Padang Pariaman. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of Shyndi Septiani.pdf] Text
Shyndi Septiani.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Padang Pariaman adalah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Ibu kota Kabupaten Padang Pariaman adalah Parit Malintang Melalui Dinas Pariwisata beberapa objek pariwisata di Kabupaten Padang Pariaman terus dikembangkan, karena memiliki nilai yang berbeda dengan objek wisata daerah lainnya, salah satunya wisata Pantai Tiram di Ulakan Tapakıs Selain dapat menjadi objek wisata, juga dapat berdampak terhadap pendapatan asli daerah (PAD) di sektor pariwisata

Jems penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner yang menggunakan skala likert Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian secara parsial terhadap minat kunjung ulang diperoleh nilai thimung 5,501 dengan df = 100-397 maka tabel 1,660. Berdasarkan data tersebut maka thmung tabel atau 5,501 1,660 dan nilai (sig=0,000 < 0,05) sehingga H, diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa motivası wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang pada Objek Wisata Pantai Tiram Koefisien regresi linear variabel persepsi wisatawan secara parsial terhadap minat kunjung ulang diperoleh nilai thitung 2,137 dengan df 100-397 maka tabel 1,660. Berdasarkan data tersebut maka thitung fosbet atau 2,137 1,660 dan nilai (sig= 0,035<0,05) sehingga H, diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa persepsi wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang pada Objek Wisata Pantai Tiram.

Berdasarkan uji F diketahui bahwa nilai fitung 16,998 dengan df-100-3- 97 maka fubel 3,090. Berdasarkan data tersebut maka fhitung fiabel atau 16,998 3,090 dan nilai (sig0,000 < 0,05) maka H, diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi wisatawan dan motivasi wisatawan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang pada Objek Wisata Pantai Tiram. Nilai koefisien determinasi r-square sebesar 26%, hal ini berarti kontribusi persepsi wisatawan dan motivasi wisatawan terhadap minat kunjung ulang sebesar 26% sedangkan sisanya 74% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Minat Kunjung Ulang, Persepsi Wisatawan dan Motivasi Wisatawan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Aprina Wisrianti, SE aprina
Date Deposited: 22 Jan 2025 03:11
Last Modified: 22 Jan 2025 03:11
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item
View Item