Perbandingan Penggunaan Media Audiovisual dan Media Asli Hidup dalara Praktikum Fisiologi "Uji Keseimbangan Kursi Baranny" di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah

NURFITRIANI, NPM : 2110070100036 (2024) Perbandingan Penggunaan Media Audiovisual dan Media Asli Hidup dalara Praktikum Fisiologi "Uji Keseimbangan Kursi Baranny" di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of NURFITRIANI 2024.pdf] Text
NURFITRIANI 2024.pdf

Download (753kB)

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini membahas perbandingan penggunaan media pembelajaran audiovisual dan media aslı hidup dalam praktikum fisiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Latar belakang penelitian in mencakup berbagai generasi mahasiswa/i dan tantangan desen dalam mengikuti perkembangan teknologi pendidikan. Berdasarkan pengamatan, praktikum fisiologi masih mengandalkan metode konvensional yang membuat mahasiswa cenderung pasif Berdasarkan teori Edgar Dale pentingnya variasi media pembelajaran, dari abstrak hingga konkrit, yang seharusnya tidak dipandang sebagai hierarki tetapi hal yang saling melengkapi

Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran pada praktikum Fisiologi dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual media asli hidup dengan audiovisual saja pada praktikum Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah

Metode Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen Post-test Only Group. Dengan metode ini terbagi atas kelompok yang diberikan perlakuan berupa media pembelajaran audiovisual + media asli hidup lalu kemudian dilakukannya post-test dan kelompok lainnya akan diberikan perlakuan berupa audiovisual kemudian dilakukan post-test. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling pada mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah angkatan 2023 Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan komputer dengan program SPSS v.25

Hasil Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rerata hasil post-test pada kelas yang mendapatkan media pembelajaran media audiovisual dan media asli hidup sebanyak 61 mahasiswa (79,2%) berhasil lulus, sedangkan 16 mahasiswa (20,8%) tidak lulus. Selanjutnya didapatkan rerata hasil post-test pada kelas yang hanya mendapatkan media pembelajaran audiovisual, 48 mahasiswa (62,3%) berhasil lulus, sementara 29 mahasiswa (37,7%) tidak lulus Terdapat perbedaan hasil pembelajaran yang signifikan antara medsa audiovisual media asli hidup dan media audiovisual saja pada mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Baiturahmah angkatan 2023 dengan sig sebesar 0,009 (p<0,05).

Kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil pembelajaran pada praktikum Fisiologi dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual + media asli hidup dengan audiovisual saja pada praktikum Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Media Pembelajaran, Media Audio Visual, Meda Asli Hidup, Fisiologi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran Umum
Depositing User: Suci Yasefia
Date Deposited: 22 Jan 2025 03:09
Last Modified: 22 Jan 2025 03:09
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item
View Item