Perbedaan Keberhasilan Metode Pembelajaran Ditinjau Melalui Indeks Prestasi Semester Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Baiturrahmah

Mellynda Astin Permata Sari, NPM : 1810070100095 (2022) Perbedaan Keberhasilan Metode Pembelajaran Ditinjau Melalui Indeks Prestasi Semester Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of MEL.pdf] Text
MEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan salah satu aktivitas didalam pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan memperoleh pengalaman. Pandemi yang disebabkan oleh Corona Virus Disease (Covid-19) menyebabkan hambatan dalam menjalankan pembelajaran, sehingga terjadi perubahan metode pembelajaran dari luring ke daring untuk menjamin tetap terlaksananya tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keberhasilan metode pembelajaran ditinjau melalui indeks prestasi semester mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Ruang lingkup penelitian adalah bidang pendidikan kedokteran, penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah pada bulan maret 2021 sampai Januari 2022. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode penelitian analitik komparatif serta dirancang dengan pendekatan Rertropective Cohort, data yang diperlukan diambil dari data sekunder berupa transkip nilai untuk melihat indeks prestasi semester satu mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Baiturrahmah, kemudian pengolahan data menggunakan uji Chi-Square. Hasil dari 71 mahasiswa angkatan 2020 yang menjalani pembelajaran daring didapatkan indeks prestasi terbanyak yaitu sangat memuaskan (3,01-3,50) sebanyak 53 orang (74,6%), dan dari 71 mahasiswa angkatan 2019 yang menjalani pembelajaran luring didapatkan indeks prestasi terbanyak yaitu sangat memuaskan (3,01-3,50) sebanyak 40 orang (56,3%). Hasil analisis secara statistik diperoleh p value = 0,046 (p<0,05) dengan indeks prestasi semester kelompok pembelajaran daring dominan lebih tinggi dibanding Indeks Prestasi Semester kelompok pada pembelajaran luring maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keberhasilan metode pembelajaran yang ditinjau melalui indeks prestasi semester mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, pembelajaran luring, indeks prestasi semester
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran Umum
Depositing User: A.Md Neldaharani
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:42
Last Modified: 02 Dec 2024 07:42
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item
View Item