DARA MAHARANI, NPM : 1810070100101 (2022) HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GAWAI DENGAN STATUS MENTAL EMOSIONAL PADA SISWA SMPN 1 PADANG. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.
DARA.pdf
Download (946kB)
Abstract
Latar belakang Pembelajaran dalam jaringan (daring) yang diberlakukan di
masa pandemi Covid-19 memerlukan penggunaan gawai bagi guru maupun siswa
sebagai media pembelajaran. Baik disadari atau tidak, penggunaan gawai akan
berdampak terhadap perkembangan anak, salah satunya yaitu terhadap status
mental dan emosional. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara durasi penggunaan gawai dengan status mental emosional pada siswa di SMPN 1 Padang.
Metode: Ruang lingkup penelitian ini adalah Ilmu Kesehatan Anak dan Ilmu Psikiatri. Penelitian dilakukan dari bulan Maret-November 2021. Jenis penelitian adalah analitik korelatif. Populasi terjangkau pada penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Padang sebanyak 98 sampel dengan teknik total sampling. Analisa data univariat disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji correlations, pengolahan data menggunakan komputerisasi program SPSS versi IBM 25.0.
Hasil: Jenis kelamin terbanyak adalah perempuan yaitu 72 orang (73,5%), durasi penggunaan gawai terbanyak adalah >4 jam yaitu 41 orang (41,8%), status mental emosional terbanyak adalah abnormal yaitu 54 orang (55.1%), ada hubungan antara durasi penggunaan gawai dengan status mental emosional pada siswa di SMPN 1 Padang Tahun 2021 (p=0,000).
Kesimpulan Jenis kelamin terbanyak adalah perempuan, durasi penggunaan gawai terbanyak adalah 4 jam, status mental emosional terbanyak adalah abnormal, ada hubungan antara durasi penggunaan gawai dengan status mental emosional pada siswa di SMPN 1 Padang Tahun 2021.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | durasi gawai, status mental emosional |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran Umum |
Depositing User: | A.Md Neldaharani |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:42 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:42 |
URI: | http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1531 |