Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram, Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Objek Wisata Pantai Air Manis di Kota Padang

Nela Oktaviani Putri, 2010070530087 (2024) Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram, Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Objek Wisata Pantai Air Manis di Kota Padang. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of Nela Oktaviani Putri.pdf] Text
Nela Oktaviani Putri.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi media sosial instagram, daya tarik wisata dan fasilitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan objek wisata Pantai Air Manis di Kota Padang Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan menggunakan rumus slovin sehingga didapat sampel sebanyak 100 orang

Teknik pengumpulan data penelitian melalui kuesioner dengan skala Likert Berdasarkan hasil perhitungan aplikasi program SPSS dari uji t diperoleh variabel promosi media sosial instagram dengan t hitung 4,569 dan nilai (sig=0,000<0,05) dengan df 100-496, maka diperoleh t tabel sebesar 1,660 Dari hasil di atas dapat dilihat bahwa t hitung > t tabel atau 4,569 1,660 artinya H, diterima dan He ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa promosi media sosial instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan objek wisata Pantai Air Manis di Kota Padang. Variabel daya tarik wisata dengan t hitung -2,046 dan nilai (sig= 0,043 <0,05) dengan df 100-496 maka diperoleh t tabel sebesar 1,660. Dari hasil di atas dapat dilihat bahwa t hitung <t tabel atau -2,046 > 1,660 artinya H2 ditolak dan Ho diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa daya tarik wisata berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan objek wisata Pantai Air Manis di Kota Padang. Variabel fasilitas dengan t hitung 4,334 dan nilai (sig=0,000 < 0,05) dengan df 100-496 maka diperoleh t tabel sebesar 1,660. Dari hasil di atas dapat dilihat bahwa t hitung > t tabel atau 4,334 1,660 artinya H3 diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan objek wisata Pantai Air Manis di Kota Padang.

Uji F diketahui bahwa nilai F hitung > F tabel atau 19,762 > 3,09 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau (0,000 < 0,05). Sehingga pada penelitian ini variabel independen secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap variabel dependen Koefisien determinasi diperoleh dengan hasil sebesar 0,382. Artinya variabel promosi media sosial instagram, daya tarik wisata dan fasilitas dapat menjelaskan variabel keputusan berkunjung wisatawan objek wisata Pantai Air Manis di Kota Padang sebesar 38% sisanya sebesar 62% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti harga, aksesibilitas, Word of Mouth, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: promosi media sosial instagram, daya tarik wisata, fasilitas dan keputusan berkunjung
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Aprina Wisrianti, SE aprina
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:40
Last Modified: 30 Oct 2024 02:40
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item
View Item