EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KAHOOT! TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADA PEMBELAJARAN ANATOMI

Atiiqah Naadirah Tanjung, NPM : 2010070100129 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KAHOOT! TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADA PEMBELAJARAN ANATOMI. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of ATIQAH.pdf] Text
ATIQAH.pdf

Download (995kB)

Abstract

Latar belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hampir menyentuh semua sendi kehidupan manusia, terutama pendidikan. Pada proses belajar dalam pendidikan, media pembelajaran menjadi salah satu kunci yang paling berpengaruh dalam keberhasilan proses belajar Banyaknya macam-macam media pembelajaran membuat proses belajar menjadi lebih variatif. Tidak banyak mahasiswa yang betah dengan kondisi kelas yang melaksanakan pembelajaran yang sama setiap harinya. Hal ini tentu membuat hasil belajar mahasiswa belum sesuai dengan harapan. Pendidik perlu menginovasi pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan mendorong minat mahasiswa, sehingga hasıl pembelajaran pun meningkat. Media aplikasi Kahoot! dapat sebagai salah satu alternatifnya

Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya efektivitas penggunaan Kahoot! terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Baiturrahamh angkatan 2022 pada pembelajaran anatomi

Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan rancangan total sampling menggunakan data primer dengan jumlah sampel sebanyak 160 mahasiswa program studi Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran anatomi. Analisa data yang digunakan adalah uji hipotesis Mann-Whitney U.

Hasil Berdasarkan hasil analisis terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara penggunaan Kahoot! dengan penggunaan media konvensional terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah pada pembelajaran anatomi dengan nilai p yaitu 0,047 (p<0,05)

Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kahoot dapat menjadi alternatif media pembelajaran interaktif di perguruan tinggi karena terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah angkatan 2022 pada pembelajaran anatomi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kahoot!, Media Pembelajaran, Efektivitas.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran Umum
Depositing User: A.Md Neldaharani
Date Deposited: 25 Oct 2024 02:59
Last Modified: 25 Oct 2024 02:59
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item
View Item