Atiiqah Naadirah Tanjung, NPM : 2010070100129 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KAHOOT! TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADA PEMBELAJARAN ANATOMI. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.
ATIQAH.pdf
Download (995kB)
Abstract
Latar belakang Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hampir menyentuh semua sendi kehidupan manusia, terutama pendidikan. Pada proses belajar dalam pendidikan, media pembelajaran menjadi salah satu kunci yang paling berpengaruh dalam keberhasilan proses belajar Banyaknya macam-macam media pembelajaran membuat proses belajar menjadi lebih variatif. Tidak banyak mahasiswa yang betah dengan kondisi kelas yang melaksanakan pembelajaran yang sama setiap harinya. Hal ini tentu membuat hasil belajar mahasiswa belum sesuai dengan harapan. Pendidik perlu menginovasi pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan mendorong minat mahasiswa, sehingga hasıl pembelajaran pun meningkat. Media aplikasi Kahoot! dapat sebagai salah satu alternatifnya
Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya efektivitas penggunaan Kahoot! terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Baiturrahamh angkatan 2022 pada pembelajaran anatomi
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan rancangan total sampling menggunakan data primer dengan jumlah sampel sebanyak 160 mahasiswa program studi Pendidikan Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran anatomi. Analisa data yang digunakan adalah uji hipotesis Mann-Whitney U.
Hasil Berdasarkan hasil analisis terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara penggunaan Kahoot! dengan penggunaan media konvensional terhadap hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah pada pembelajaran anatomi dengan nilai p yaitu 0,047 (p<0,05)
Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kahoot dapat menjadi alternatif media pembelajaran interaktif di perguruan tinggi karena terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah angkatan 2022 pada pembelajaran anatomi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kahoot!, Media Pembelajaran, Efektivitas. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran Umum |
Depositing User: | A.Md Neldaharani |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 02:59 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 02:59 |
URI: | http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1307 |