GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI LAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM SITI RAHMAH PADANG TAHUN 2023

Rahmah Alrosa Dalimunthe, NPM : 1910070100104 (2023) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI LAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM SITI RAHMAH PADANG TAHUN 2023. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of Rahmah Alrosa 2023.pdf] Text
Rahmah Alrosa 2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemberian pelayanan Kesehatan akan mempengaruhi mutu pelayanan, Pasien akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihı harapan, peningkatan pelayanan kesehatan juga diperlukan di RSI Siti Rahmah di kota padang

Tujuan Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan di Layanan Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Padang Tahun 2023

Metode: Ruang lingkup penelitian ini mencakup ilmu kedokteran yastu bidang ilmu kesehatan masyarakat (IKM) Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus September tahun 2023 di Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Kota Padang Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, metode deskriptif kategorik dengan pendekatan cross sectional Populası terjangkau pada penelitian adalah pasien rawat jalan yang berobat pada bulan Agustus September di Rumah Sakit Islam Siti Rahmah Kota Padang tahun 2023 sebanyak 100 sampel dengan teknik accidental sampling Analisa data univarıat disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan pengolahan data menggunakan komputerisası program SPSS versi IBM 25.0

Hasil Usia terbanyak adalah 26-35 tahun yaitu 37 orang (37%), jenis kelamin terbanyak adalah perempuan yaitu 68 orang (68%), pendidikan terbanyak adalah SLTA yaitu 47 orang (47%), pekerjaan terbanyak adalah IRT yaitu 46 orang (46%), kepuasan terhadap mutu pelayanan kesehatan berdasarkan kehandalan paling banyak adalah puas yaitu 78 orang (78%), ketanggapan paling banyak adalah puas yaitu 71 orang (71%), empati paling banyak adalah puas yaitu 66 orang (66%), bukti fisik paling banyak adalah puas yaitu 48 orang (48%), jaminan paling banyak adalah puas yaitu 66 orang (66%) dan kepuasan terhadap mutu pelayanan kesehatan paling banyak adalah puas yaitu 93 orang (93%)

Kesimpulan: Pada umumnya kepuasan terhadap mutu pelayanan kesehatan paling banyak adalah puas pada semua dimensı mutu pelayanan berdasarkan penilaian pasien rawat jalan yang berobat di Rumah Sakit Islam Sitı Rahmah Kota Padang

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: usia, jenis kelamin, Pendidikan, pekerjaan, mutu pelayanan, kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran Umum
Depositing User: Suci Yasefia
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:30
Last Modified: 23 Sep 2024 03:30
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item
View Item