HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP GAMIFIKASI DENGAN HASIL PEMBELAJARAN HISTOLOGI YANG DINILAI MENGGUNAKAN WORDWALL PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BAITURRAHMAH ANGKATAN 2023

Muhammad Syahreza Pahlevi, NPM : 2010070100083 (2024) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP GAMIFIKASI DENGAN HASIL PEMBELAJARAN HISTOLOGI YANG DINILAI MENGGUNAKAN WORDWALL PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BAITURRAHMAH ANGKATAN 2023. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of Muhammad Syahreza Pahlevi 2024.pdf] Text
Muhammad Syahreza Pahlevi 2024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode pembelajaran yang monoton membuat mahasiswa lebih mudah stres dan jenuh, sehingga tidak banyak mahasiswa memilih untuk bermain game sebagai sarana melampiaskan rasa jenuh dan stres yang dirasakan dan dibuktikan dapat memperbaiki perasaan mahasiswa. Dengan hal tersebut berbagai perguruan tinggi di Indonesia gencar mencari metode pembelajaran yang tidak membosankan dan membuat untuk memperbaiki persepsi mahasiswa sehingga turut aktif dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Maka tercetuslah sebuah metode pembelajaran yang mengadaptasi dari elemen-elemen yang terdapat dalam sebuah game yaitu metode gamifikasi. Metode gamıfikasi pada manajemen edukasi merupakan sebuah metode pembelajaran baru dengan mengadaptasi dari elemen-elemen karakteristik dalam pembelajaran. Sehingga mahasiswa yang merasa jenuh dengan metode pembelajaran yang telah diterapkan sebelumnya dapat meningkatkan semangat belajarnya dengan fitur-fitur game yang diterapkan dalam metode pembelajaran gamifikasi yang dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam proses belajar. Tujuan: Untuk untuk mengetahui Hubungan Persepsi Terhadap Gamifikasi Dengan Hasil Pembelajaran Histologi yang Dinilai Menggunakan Wordwali pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Angkatan 2023. Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan desain cross sectional menggunakan data primer dengan jumlah sampel 147 responden. Analisa data univariat disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan analisa bivariat menggunakan uji chi- square. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian ini mahasiswa yang sebanyak berada 107 orang (72,8%) berada dalam kategori nilai lulus, dan sebanyak 7 orang (4,8%) positif berada dalam kategori persepsi yang buruk terhadap gamifikasi, 43 orang (29,3%) berada dalam kategori persepsi yang cukup terhadap gamifikasi, dan 97 orang (66%) berada dalam kategori persepsi yang baik terhadap gamifikasi. Hasil uji statistik menggunakan Chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan persepsi terhadap gamifikasi dengan hasil pembelajaran histologi yang dinilai menggunakan Wordwall dengan nilai p-value 0,016 (p<0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara persepsi terhadap gamifikasi dengan hasil pembelajaran histologi yang dinilai menggunakan Wordwall pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang angkatan 2023.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi, Persepsi, Wordwall, Histologi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran Umum
Depositing User: Aprina Wisrianti, SE aprina
Date Deposited: 14 Sep 2024 04:00
Last Modified: 14 Sep 2024 04:00
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item
View Item