HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. RASIDIN PADANG

Zahra Wulandari, NPM : 1910070160001 (2023) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. RASIDIN PADANG. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of SKRIPSI Zahra Wulandari-1-18.pdf] Text
SKRIPSI Zahra Wulandari-1-18.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu faktor penting yang harus
diperhatikan pihak rumah sakit sebagai perusahaan dibidang jasa. Kepuasan pasien
dapat menggambarkan sebaik mana kualitas pelayanan yang ada di rumah sakit
tersebut. Jika pasien merasa kurang puas berarti pelayanan yang diberikan/diterima
belum berjalan optimal. Berdasarkan standar pelayanan minimal Rumah Sakit
kepuasan pasien rawat inap ≥ 90%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit
Umum dr. Rasidin Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober-Juni 2023 pada
pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Rasidin Padang. Populasi pada
penelitian ini berjumlah 167 orang, menggunakan teknik cluster random sampling.
Pengolahan data menggunakan aplikasi komputer yaitu SPSS versi 16.0. Analisis
uji statistic yang digunakan adalah uji Chi Square dan Regresi logistik berganda.
Hasil analisis univariat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan
menunjukkan bahwa sebanyak 48,5% pasien tidak puas dan sebanyak 51,5% pasien
puas. Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan variabel tangible (P-
value = 0,000), reliability (P-value = 0,000), responsiveness (P-value = 0,000),
assurance (P-value = 0,000), dan empathy (P-value = 0,000) dengan kepuasan
pasien. Hasil analisis multivariat menunjukkan faktor dominan yang berhubungan
dengan kepuasan pasien adalah assurance dengan nilai OR 7,7 kali berhubungan
daripada variabel independen.
Disarankan, pihak rumah sakit untuk melakukan perbaikan, peningkatan,
dan pengembangan sarana fisik, meningkatkan kualitas jasa, membuat atau
menyediakan kotak saran pada setiap bangsal untuk keluhan pasien di Instalasi
Rawat Inap.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Program Studi Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Aprina Wisrianti, SE aprina
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:14
Last Modified: 27 Mar 2024 05:14
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item
View Item