PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS SEBAGAI MEDIASI PADA PRODUK MS GLOW DI INDONESIA

VIRGYOLA SALMA, NPM : 2110070530111 (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI BRAND AWARENESS SEBAGAI MEDIASI PADA PRODUK MS GLOW DI INDONESIA. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADANG.

[thumbnail of SKRIPSI SALMA-1-97.pdf] Text
SKRIPSI SALMA-1-97.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SALMA-98-155.pdf] Text
SKRIPSI SALMA-98-155.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[thumbnail of SKRIPSI SALMA-156-203.pdf] Text
SKRIPSI SALMA-156-203.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Social Media
Marketing dan E-WOM terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Awareness
sebagai Mediasi Pada Produk MS Glow di Indonesia. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling, dengan menggunakan rumus rule of
thumb lima sampai sepuluh dikali dengan jumlah indikator sehingga didapatkan
sampel sebanyak 160 orang.
Teknik pengumpulan data penelitian melalui kuesioner online (google form)
dengan skala likert. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan alat penelitian
Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian dari pengujian data yang telah
dilakukan menunjukkan bahwa (1) Social Media Marketing memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap Brand Awareness, (2) E-WOM memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap Brand Awareness. Hasil penelitian pada (3) Social Media
Marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (4)
E-WOM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (5)
Brand Awareness tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan
Pembelian. (6) Social Media Marketing melalui Brand Awareness sebagai mediasi
tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. (7) E-
WOM melalui Brand Awareness sebagai mediasi tidak memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap Keputusan Pembelian.
Artinya variabel social media marketing dan e-wom dapat menjelaskan
variabel brand awareness (Z) pada pengguna produk MS Glow di Indonesia sebesar
74,1% sisanya 25,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam
penelitian ini. Selanjutnya variabel social media marketing dan e-wom dapat
menjelaskan variabel keputusan pembelian (Y) pada pengguna produk MS Glow di
Indonesia sebesar 79% sisanya 21% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, E-WOM, Brand Awareness, dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Suci Yasefia
Date Deposited: 12 Nov 2025 04:59
Last Modified: 12 Nov 2025 04:59
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item
View Item