PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PADABANKTABUNGANNEGARA (BTN)DIKANTOR CABANGPEMBANTU KOTA PARIAMAN

ELVIA WARMA, NPM. 2110070530011 (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PADABANKTABUNGANNEGARA (BTN)DIKANTOR CABANGPEMBANTU KOTA PARIAMAN. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (357kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (374kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf - Published Version

Download (401kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf - Published Version

Download (253kB)
[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Published Version

Download (130kB)
[thumbnail of SKRIPSI JILID PIAA.pdf] Text
SKRIPSI JILID PIAA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
(X1), promosi (X2) dan kepercayaan (X3) terhadap minat menabung (Y)
masyarakat pada Bank Tabungan Negara (BTN) di kantor cabang pembantu
Kota Pariaman. Untuk sampel yang terpilih menggunakan teknik purposive
sampling yang mana dipilih sesuai kriteria, untuk menentukan jumlah sampel
menggunakan rumus lesmeshow dengan jumlah sampel sebanyak 96 sampel.
Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program
SPSS.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh
terhadap minat menabung dengan nilai T hitung sebesar 2,008 > T tabel 1,661
dan ( Sig. 0,048 < 0,05 ) sehingga hipotesis HI diterima dan H0 ditolak. Promosi
berpengaruh terhadap minat menabung dengan nilai T hitung sebesar 7,172 > T
tabel 1,661 dan ( Sig. 0,000 < 0,05 ) sehingga hipotesis H2 diterima dan H0
ditolak. Kepercayaan berpengaruh terhadap minat menabung dengan nilai T
hitung sebesar 5,840 > T tabel 1,661 dan ( Sig. 0,000 > 0,05 ) sehingga hipotesis
H3 diterima dan H0 ditolak.
Kualitas pelayanan, promosi dan kepercayaan secara bersama-sama
berpengaruh terhadap minat menabung dengan nilai F hitung sebesar 139,098 >
T tabel 2,70 dan ( Sig. 0,000 < 0,05 ) sehingga hipotesis H4 diterima dan H0
ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan (X1), promosi (X2)
dan kepercayaan (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat menabung (Y). Nilai koefisien determinasi yang dituliskan R
Square sebesar 0,819, hal ini dapat dijelaskan bahwa besarnya proporsi pengaruh
kualitas pelayanan, promosi dan kepercayaan terhadap minat menabung adalah
sebesar 81,9% sedangkan sisanya sebesar 18,1% dipengaruhi oleh faktor lain di
luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Muqtadirurrijal Muqta
Date Deposited: 05 Dec 2025 07:50
Last Modified: 05 Dec 2025 07:50
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item
View Item