PENGARUH INOVASI PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UMKM DI PADANG PARIAMAN (Studi Kasus: Kecamatan Lubuk Alung)

INTAN NURAINI, NPM : 2110070530260 (2025) PENGARUH INOVASI PRODUK DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UMKM DI PADANG PARIAMAN (Studi Kasus: Kecamatan Lubuk Alung). Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADANG.

[thumbnail of JILID-1-70.pdf] Text
JILID-1-70.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of JILID-71-98.pdf] Text
JILID-71-98.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[thumbnail of JILID-71-98.pdf] Text
JILID-71-98.pdf - Published Version

Download (652kB)

Abstract

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS BAITURRAHMAH
Skripsi, September 2025
Intan Nuraini
Pengaruh Inovasi Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Volume
Penjualan Pada UMKM Di Padang Pariaman (Studi Kasus: Kecamatan
Lubuk Alung)
VIII + 89 Halaman + 24 Tabel + 4 Gambar + 15 Lampiran
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk (X1)
dan strategi pemasaran (X2) pada volume penjualan (Y) pelaku UMKM di
Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman. Untuk sampel yang terpilih
menggunakan rumus slovin dari 1.247 populasi penelitian memperoleh 93
responden. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode
analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan
menggunakan program SPSS.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial inovasi produk berpengaruh terhadap
volume penjualan dengan nilai thitung sebesar 5,518 > ttabel 1,661 dan (Sig. 0,000 <
0,05) sehingga hipotesis H1 diterima. Variabel strategi pemasaran berpengaruh
terhadap volume penjualan dengan nilai thitung sebesar 2,173 > ttabel 1,661 dan
(Sig. 0,032 < 0,05) sehingga hipotesis H2 diterima.
Pengaruh inovasi produk dan strategi pemasaran secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan dengan nilai Fhitung
sebesar 28,535 > Ftabel 3,10 dan (Sig. 0,000 < 0,05) sehingga hipotesis H3 dapat
diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa inovasi produk (X1) dan strategi
pemasaran (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
volume penjualan (Y). Berdasarkan hasil uji R-Square memperoleh nilai
koefisien determinasi yang dituliskan R Square sebesar 0,388, hal ini dapat
dijelaskan bahwa besarnya proporsi pengaruh inovasi produk dan strategi
pesamaran terhadap volume penjualan adalah sebesar 38,8% sedangkan sisanya
sebesar 61,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang digunakan
dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Produk, Strategi Pemasaran, Volume Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Suci Yasefia
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:02
Last Modified: 10 Nov 2025 03:02
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item
View Item