PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI, INOVASI PRODUK DAN IKLAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA MARKETPLACE GOFOOD (STUDI KASUS: KONSUMEN GOFOOD KOTA PADANG)

HAYATI NURUL AZIZAH, NPM : 2110070530015 (2025) PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI, INOVASI PRODUK DAN IKLAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA MARKETPLACE GOFOOD (STUDI KASUS: KONSUMEN GOFOOD KOTA PADANG). Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH PADANG.

[thumbnail of HAYATI NURUL AZIZAH 21-015 (SKRIPSI) fix cetak-1-86.pdf] Text
HAYATI NURUL AZIZAH 21-015 (SKRIPSI) fix cetak-1-86.pdf - Published Version

Download (945kB)
[thumbnail of HAYATI NURUL AZIZAH 21-015 (SKRIPSI) fix cetak-87-112.pdf] Text
HAYATI NURUL AZIZAH 21-015 (SKRIPSI) fix cetak-87-112.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[thumbnail of HAYATI NURUL AZIZAH 21-015 (SKRIPSI) fix cetak-113-162.pdf] Text
HAYATI NURUL AZIZAH 21-015 (SKRIPSI) fix cetak-113-162.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Diferensiasi, Inovasi
Produk dan Iklan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Konsumen Marketplace GoFood
Kota Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling
dengan pedoman rumus lemeshow sehingga didapat sampel sebanyak 96 orang tetapi
peneliti menggenapkan menjadi 100 orang agar menghindari eror saat pengolahan data.
Teknik pengumpulan data penelitian melalui kuesioner dengan skala Likert.
Berdasarkan hasil perhitungan aplikasi program SPSS dari uji t diperoleh variabel strategi
diferensiasi memiliki nilai t hitung 1,441 dan nilai (Sig = 0,153>0,05) dengan t table
sebesar 1,984. Dari hasil data diatas dapat dilihat bahwa t hitung < t tabel, artinya H1
diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel strategi diferensiasi tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing pada konsumen marketplace
GoFood Kota Padang.
Inovasi produk memiliki nilai t hitung 3,665 dan nilai (Sig = 0,000<0,05) t hitung
> t tabel, atau 3,665>1,984 yang artinya H2 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat
disimpulkan bahwa variabel inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keunggulan bersaing pada konsumen marketplace GoFood Kota Padang.
Iklan memiliki nilai t hitung 4,309 dan nilai (Sig = 0,00<0,05), t hitung > t tabel,
atau 4,309> 1,984 yang artinya H0 ditolak dan H3 diterima. Maka dapat disimpulkan
bahwa variabel iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing
pada konsumen marketplace GoFood Kota Padang.
Uji f menunjukkan bahwa nilai F hitung bernilai 254,110 dan F tabel bernilai 3,09
yang berarti F hitung > F tabel dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan
bahwa variabel independen yaitu strategi diferensiasi, inovasi produk dan iklan
berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keunggulan bersaing pada
konsumen marketplace GoFood Kota Padang dan nilai R-square sebesar 0, 888 (88,8%)
artinya pengaruh strategi diferensiasi, inovasi produk dan iklan adalah 88,8% sedangkan
sisanya 11,2% dipengaruhi oleh faktor lain dari luar variabel-variabel yang digunakan
dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Diferensiasi, Inovasi Produk, Iklan, Keunggulan Bersaing.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi & Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Suci Yasefia
Date Deposited: 30 Oct 2025 04:10
Last Modified: 30 Oct 2025 04:10
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item
View Item