GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DIBANGSAL PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT ISLAM SITI RAHMAH PADANG TAHUN 2022

ANITA CLARA SIREGAR, NPM : 1710070100088 (2022) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DIBANGSAL PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT ISLAM SITI RAHMAH PADANG TAHUN 2022. Other thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of ANITA.pdf] Text
ANITA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang Kepuasan pasien merupakan indikator yang penting dalam mengevaluasi mutu pelayanan suatu Rumah Sakit. Cara untuk menilai kualitas sebuah pelayanan dengan lima dimensi yaitu dimensi buktu fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty). Maka dari itu diperlukan petugas yang berkualitas agar menghasilkan pelayanan yang berkualitas dan sesuai dengan apa yang diharapkan pasien.

Tujuan: Mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III terhadap kualitas pelayanan kesehatan dibangsal penyakit dalam RSI Siti Rahmah Padang Tahun 2022.

Metode: Penelitian dilakukan pada bulan Agustus September 2022. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi terjangkau pada penelitian adalah semua pasien rawat inap Kelas III di Bangsal Penyakit Dalam RSI Siti Rahmah tahun 2022 sebanyak 92 sampel dengan teknik random sampling. Analisa data univariat disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan pengolahan data menggunakan komputerisasi program SPSS versi IBM 25.0.

Hasil: Usia terbanyak adalah 46-55 tahun yaitu 28 orang (30,4%), jenis kelamin terbanyak adalah perempuan yaitu 52 orang (56,5%), pendidikan terbanyak adalah SLTA yaitu 45 orang (48,9%), pekerjaan terbanyak adalah wiraswasta yaitu 32 orang (34,8%), dimensi bukti fisik (tangibles) terbanyak adalah puas yaitu 88 orang (95,7%), dimensi kehandalan (reliability) terbanyak adalah puas yaitu 79 orang (85,9%), dimensi daya tanggap (responsiveness) terbanyak adalah puas yaitu 75 orang (81,5%), dimensi jaminan (assurance) terbanyak adalah puas yaitu 68 orang (73,9%), dimensi empati (emphaty) terbanyak adalah puas yaitu 84

orang (91,3%), kepuasan pasien terbanyak adalah puas yaitu 67 orang (72,8%). Kesimpulan: Usia terbanyak adalah 46-55 tahun, jenis kelamin terbanyak adalah perempuan, pendidikan terbanyak adalah SLTA, pekerjaan terbanyak adalah wiraswasta, dimensi bukti fisik (tangibles) terbanyak adalah puas, dimensi kehandalan (reliability) terbanyak adalah puas, dimensi daya tanggap (responsiveness) terbanyak adalah puas, dimensi jaminan (assurance) terbanyak adalah puas, dimensi empati (emphaty) terbanyak adalah puas, kepuasan pasien terbanyak adalah puas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, rawat inap kelas III, kepuasan pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Program Studi Kedokteran Umum
Depositing User: A.Md Neldaharani
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:44
Last Modified: 02 Dec 2024 07:44
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item
View Item