HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN STATUS ANEMIA REMAJA PUTRI DI SMA N 7 PADANG TAHUN 2022

AMANDA WAHYU UTAMI, NPM : 1910070130027 (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN STATUS ANEMIA REMAJA PUTRI DI SMA N 7 PADANG TAHUN 2022. Diploma thesis, UNIVERSITAS BAITURRAHMAH.

[thumbnail of AMANDA WAHYU 2022.pdf] Text
AMANDA WAHYU 2022.pdf

Download (612kB)

Abstract

Prevelensi anemia pada remaja putri usia 10-18 tahun di indonesia sebesar 57,1% dan usia 19-45 tahun sebesar 39,5%. Dampak tudak baik akibat dari anemia pada remaja diantaranya menurunya perkembangan motorik, mental, menurunnya kesehatan pada reproduksi, perkembangan motorik, kecerdasan, prestasi belajar, tingkat kebugaran dan tinggi badan tidak mencapai maksimal Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang anemia dengan status anemia pada remaja putri di SMA 07 Padang

Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional Populasinya adalah remaja puti di SMA N 7 PADANG kelas X dan XI sebanyak 354 orang dan sampel 53 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling Analisa data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat

Hasil penelitian ditemukan kurang dari separuh 34% responden berpengetahuan rendah dan kurang dari separuh 43% remaja mengalami anemia Setelah dilakukan penghitungan uji chi-square didapatkan p value = 0,05 yang berarti tidak ada hubungan yang bermakna antara Pengetahuan Tentang Anemia dengan status anemia remaja putri di SMA N 7 Padang.

DI SMA N 7 Padang memiliki tingkat pengetahuan yang cukup tentang anemia sehingga perlu ditingkatkan pendidikan kesehatan terutama pendidikan kesehatan tentang pencegahan anemia seperti pemberian tablet fe secara rutin yang bekerja sama dengan wilayah kerja puskesmas setempat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Vokasi > Program Studi Kebidanan
Depositing User: Suci Yasefia
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:27
Last Modified: 24 Oct 2024 02:27
URI: http://repository.unbrah.ac.id/id/eprint/1283

Actions (login required)

View Item
View Item